Evaluasi Nodularitas

Dengan Metode Uji Ultrasonik

Mengetahui noduralitas dalam besi cor sangat penting untuk mengetahui kualitas serta kekuatan dari besi cor tersebut. Besi cor terbagi dalam 2 jenis, yaitu Grey Cast Iron (besi cor abu-abu) dan Ductile Iron. Kedua jenis tersebut memiliki karakteristik serta aplikasi yang berbeda.

Kedua jenis besi cor ini umumnya digunakan untuk pembuatan komponen- komponen pada otomotif, seperti silinder, roda gigi, alas, roda gila, blok slinder, liner silinder, piston, kotak roda gigi, roda rem, pelat kopling dan katup tekanan sedang. Namun ada juga digunakan untuk pembuatan pipa tekan, alat pertanian dan konstruksi.
Melihat banyaknya aplikasi besi cor pada komponen otomotif dan lainnya yang sangat penting peranannya, nodularitas harus diverifikasi pada setiap komponen untuk memastikan bahwa material yang digunakan dalam kondisi baik. Saat ini untuk memverifikasi nodularitas besi cor menggunakan metode analisis struktur mikro dengan mikroskop. Metode analisis struktur mikro adalah metode yang merusak sehingga hanya dapat diterapkan pada sampel uji. Disisi lain metode uji tak rusak (NDT) memungkinkan pengujian 100% terhadap komponen hasil produksi. Alat 38DLP yang menggunakan metode Ultrasonik, sehingga pengujian nodularitas dapat efektif serta tanpa merusak benda uji. Metode Ultrasonik mengukur nilai velositas material yang nantinya akan berhubungan dengan nodularitas besi cor itu sendiri. Alat 38DLP dapat dimanfaatkan sebagai alat uji pelengkap terhadap analisis mikroskop.

 

 

Download Versi PDF