INSPEKSI PIPA-ULTRASONIK PAHSED ARRAY

Radiografi dan Ultrasonik adalah teknik Uji Tak Rusak atau Non Destructive Testing (NDT). Keduanya dapat secara volumetrik memeriksa las-lasan untuk kerusakan seperti retak, kurangnya fusi, porositas, dll. Teknik Ultrasonik telah mendapatkan momentum sebagai pengganti Radiografi baik dalam praktik maupun dalam kode organisasi besar seperti ASME (American Society of Mechanical Engineers) dan API (American Petroleum Institute). Ultrasonik Phased Array khususnya telah menjadi metode penggantian yang paling populer dalam proses inspeksi. Pada tahap konstruksi pipa transmisi dan distribusi perminyakan, Ultrasonik Phased Array – atau umum dikenal sebagai Ultrasonik Otomatis yang menggabungkan alat, pemindai mekanik dan perangkat lunak analisis – digunakan sebagai teknik inspeksi karena:

• Tidak memancarkan radiasi dan tidak memerlukan izin atau personel tambahan.

• Tim pengelasan dan tim inspeksi dapat bekerja berdekatan karena tidak adanya radiasi sehingga pelaksanaan konstruksi dapat terus berlanjut tanpa gangguan.

• Analisis ultrasonik dalam waktu nyata (real-time) dapat memberikan evaluasi dan umpan balik instan kepada tim pengelasan.

• Tidak membutuhkan waktu proses film sehingga mempercepat waktu inspeksi.

• Tidak menghasilkan bahan kimia atau limbah (berlawanan dengan radiografi berbasis film).

• Penyiapan dan laporan inspeksi dalam format elektronik (berlawanan dengan format film pada radiografi).

Focus PX adalah instrumen Ultrasonik Phased Array dengan teknologi terkini yang dirancang untuk beragam aplikasi inspeksi yang kompleks pada lingkungan dalam dan luar ruangan. Weldsight adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk mengontrol instrumen Ultrasonik Phased Array sekaligus akuisisi dan analisis data inspeksi.

Weldrover adalah pemindai mekanik yang dirancang untuk inspeksi las pipa. Dengan kecepatan pemindaian hingga 50mm / detik dan dapat dipasang hingga 3 pasang transduser, alat Weldrover sangat efektif untuk proses inspeksi pipa baik di darat maupun lepas pantai. Tampilan hasil inspeksi dapat disesuaikan dengan kebutuhan operator. Berikut adalah contoh tampilan yang umum digunakan pada inspeksi las pipa. Tampilan visualisasi warna memudahkan inspektor untuk menentukan posisi dan jenis cacat dengan cepat untuk proses perbaikan lanjutan.

 

 

 

Download Versi PDF