Tingkatkan K3 di Lingkungan Kerja dengan Menggunakan Alat Uji Wire Rope

Kualitas wire rope akan turun seiring dengan penggunaan. Untuk dapat terus memantau penurunan kualitas wire rope, perlu dilakukan inspeksi rutin berkala. Inspeksi menjadi penting agar kualitas wire rope ini dapat terus dipantau untuk menghindari putusnya wire rope yang berpotensi merusak barang atau mencelakai operator dan orang-orang yang berada di sekitarnya.

Metode inspeksi yang biasa digunakan adalah visual namun cara ini hanya efektif mendeteksi kerusakan yang terjadi di bagian luar wire rope dan cacat kawat putus. Metode lainnya adalah menggunakan prinsip Electromagnetic yang memberikan laporan yang lebih detail mengenai kondisi wire rope secara keseluruhan. Metode ini sangat dapat dihandalkan dan telah digunakan di berbagai lini industri. Metode Electromagnetic bukan saja mendeteksi kawat yang putus tetapi juga penipisan dan korosi baik di bagian luar maupun dalam wire rope.

Alat uji Wire Rope tipe MD-20 dan MD-25 menggunakan metode Electromagnetic dengan dimensi ringkas (205 x 243 x 46mm) dan berat 4.5kg sehingga dapat dioperasikan dengan mudah oleh 1 orang operator. Alat ini dilengkapi indikator audio dan visual ketika mendeteksi cacat untuk memudahkan operator mengetahui, menemukan dan menentukan posisi cacat. Tipe MD-20 digunakan untuk inspeksi wire rope diameter 8-22mm sedangkan tipe MD-25 untuk diameter 10-25mm. Alat ini dapat dilengkapi dengan software untuk menyimpan data hasil inspeksi.

Untuk penjelasan lebih lanjut silahkan menghubungi kami. Tawada Graha telah eksis di penjualan peralatan uji tak merusak (Non Destructive Testing) sejak 1991.

Download versi PDF disini