PORTABLE XRD untuk BAUKSIT

Eksplorasi, Penambangan dan Ekstraksi

Bijih bauksit berbutir halus, membuat identifikasi dan kuantifikasi mineralogi di lapangan menjadi tugas yang sulit. Olympus portable X-ray diffractometers (pXRD) dapat menghasilkan kuantitatif mineralogi dalam waktu singkat kepada ahli geologi, insinyur pertambangan, dan metalurgis. Memahami mineralisasi bauksit dapat membantu mengoptimalkan upaya eksplorasi, memperbaiki strategi pencampuran, dan menghasilkan esktraksi logam yang lebih baik. XRD juga digunakan oleh produsen bauksit saat memasarkan bijih ke kilang pemurnian.

Manfaat alat pXRD inovatif Olympus meliputi:

  • Jumlah sampel yang sedikit: hanya membutuhkan bahan sebanyak 15mg
  • Persiapan sampel yang sederhana: tidak membutuhkan teknisi terampil
  • Waktu akuisisi cepat: memperoleh hasil dalam hitungan menit
  • Portabel : tenaga batere, desain kokoh dan tanpa bagian yang bergerak
  • Instrumen yang berdiri sendiri: tidak perlu pendingin air atau sumber daya listrik eksternal yang besar
  • Tidak ada persyaratan servis berkelanjutan: memungkinkan instrumen digunakan secara teratur

Eksplorasi

Bauksit terdiri dari banyak mineral bantalan aluminium (misalnya boehmite, gibbsite, diaspore, kaolin) yang menunjukkan berbagai tingkat perolehan logam. Aluminium yang bisa diperoleh saat proses disebut alumina yang tersedia. Silika yang mengkonsumsi asam selama proses disebut silika reaktif.

Mengetahui jumlah alumina dan silika reaktif yang tersedia merupakan bagian integral dari operasi yang efisien dan produktif. Dengan memanfaatkan instrumen Olympus pXRD, ahli geologi dapat dengan cepat menentukan alumina dan silika reaktif yang ada di lapangan untuk menilai banyaknya deposit bauksit .

Proses dan Ekstraksi Mineral

Meskipun penting, metode Bomb Digest (yang digunakan untuk menentukan jumlah alumina dan silika reaktif yang tersedia) tidak memberi tahu Anda dengan tepat bagaimana bijih bauksit akan bereaksi selama proses pemurnian. Mineralisasi gangue dan bijih bauksit memiliki dampak besar pada jumlah alumina yang dapat diperoleh di kilang pemurnian tersebut.

Pemodelan mineralogi dan strategi pencampuran terperinci dapat menghasilkan optimalisasi yang siknifikan, membantu memastikan produk bijih terbaik dikirim ke kilang pemurnian.

Olympus pXRD – Kualitas Data dan Kinerja Waktu Pengambilan Data

Alat Olympus pXRD selain memberikan kemudahan pembacaan mineral kuantitatif di lapangan tanpa memerlukan prosedur persiapan sampel yang rumit, juga memberikan keyakinan kepada pengguna dengan hasil yang mereka peroleh. Untuk menggambarkan kemampuan kuantitatif alat Olympus pXRD, kami membandingkan hasil yang diperoleh dengan menggunakan instrumen berbasis laboratorium 4 kW yang besar.

Download versi PDF disini